Ming, 23 Jun 2024

Gencar Sosialisasikan Lumbung Pangan Masyarakat Guna Ketahanan Pangan

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Pengelolaan Lumbung pangan masyarakat  merupakan amanah dalam UU 18/2012 tentang Pangan. Lumbung pangan masyarakat sendiri adalah sarana untuk penyimpanan dan pengelolaan bahan pangan pokok sebagai cadangan pangan masyarakat untuk antisipasi terjadinya kerawanan pangan, keadaan darurat, dan gangguan produksi pada musim kemarau.

Idealnya di setiap desa harus ada lumbung pangan, karena fungsinya yang sangat penting untuk cadangan pangan di tingkat desa. “Di Kabupaten Ngawi sendiri sudah ada sekitar 50 lumbung pangan yang tersebar di beberapa desa. Ada yang aktif dan sebagian juga tidak difungsikan sebagaimana mestinya,” Ujar Dwi Rahayu Puspita Ningrum Kepala Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, Jumt’at 26/08/2022.

Ia menambahkan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab Ngawi melalui Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan gencar memberikan sosialisasi ke tingkat desa untuk memotivasi kelompok tani atau Gapoktan untuk mengoptimalkan fungsi lumbung pangan yang ada di desa.

Sosialisasi Lubung Pangan Pada Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani

“Dalam aktifitasnya nanti keberadaan lumbung pangan masyarakat diarahkan untuk mengoptimalkan penyerapan gabah petani.” Kata Mbak Ayu.

“Diharapkan dengan berfungsinya lumbung pangan masyarakat yang ada di desa bisa untuk mewujudkan Ketahanan pangan wilayah desa dan peningkatan kesejahteraan petani,”pungkanya.

Wartawan: Abdul Ghofar

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*