Ming, 14 Jul 2024

Warga Dusun Kasihan Desa Sidomakmur Menuju Desa Eco Wisata

Tabloid_PressInd, NGAWI I Komunitas Sri Organik Nuswantara gelar kegiatan gerak bhakti Komunitas Sri Organik Nuswantara bersama dengan warga dalam rangka “Pembersihan Sungai Irigasi Ngesong dari Sampah Warga untuk Dijadikan Destinasi Ikan Irigasi” kegiatan ini berlangsung di Dusun Kasihan Desa Sidomakmur Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi.

Gerakan membuat Destinasi Ikan Irigasi berawal dari ide dan gagasan Komunitas Sri Organik Nuswantara. “Desa itu identik dengan wisata, maka kami sebagai wakil rakyat akan mendukung , menuju Desa wisata dan juga edukasi wisata lokalnya dengan perencanaan yang sudah dirintis oleh warga bersama Komunitas Sri organik Nuswantara.” Kata Aris Sulawan Anggota DPRD Dapil V Kabupaten Ngawi kepada Wartawan Tabloid Presisi Indonesia. Minggu (21/11/2021).

Ditempat yang sama Camat Widodaren Peggy Yudho Subekti mengatakan, program dan konsep terkait dengan pemberdayaan masyarakat khususnya di dusun kasihan ini, salah satunya adalah memanfaatkan saluran irigasi yang ada di samping kanan kiri persawahan kemudian halaman penduduk itu semua akan kita bersihkan terutama dalam rangka untuk mengurangi sampah dan bisa dimanfaatkan menjadi destinasi wisata dengan konsep Eko wisata yang ada didesa.

“Kami memberikan bibit ikan dan harapannya kedepan ikan ini nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Dusun Kasihan, langkah awal kita bersama-sama warga seluruhnya ada 5 rukun tetangga (RT) kompak gerak gotong royong membersihkan irigasi.” Jelas Peggy.

Pada kesempatan ini Ketua Komunitas Sri Organik Nuswantara Wahyudi menambahkan, bahwa ke depan saluran irigasi ini akan menjadi percontohan bagi desa-desa lain yang punya potensi yang sama, paling tidak ini mengawali komunikasi antar warga yang selama ini bahwa itukan sama sekali tidak ada komunikasi satu sama lain, hanya mementingkan urusannya sendiri sehingga keegoisan membuang sampah itukan tidak ada yang mengatur.

“Ini kalau dijadikan tempat wisata orang-orang bisa menambah ekonomi ya menjual kopi pinggir jalan, jualan pecel dampak jangka panjangnya seperti itu sehingga warga ini akan guyub rukun saling mendukung saling mengingatkan jika ada warga yang membuang sampah sembarangan.” Pungkasnya.

Dalam kegiatan Kerja bakti hadir Anggota DPRD Ngawi, Camat Widodaren, Perangkat Desa Sidomakmur, BEM STKIP Modern, Mapala STKIP Modern, Banser Kecamatan Widodaren, dan warga Dusun Warga Kasihan Desa Sidomakmur.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*