Rab, 12 Jun 2024

Disparpora Ngawi Adakan Pagelaran Budaya 2021 Wujud Nyata Peduli Seniman

Tabloid_PressInd, NGAWI I Selama pandemi Covid-19 para pelaku seni khususnya para pemain wayang orang terhenti aktivitasnya namun kini pagelaran wayang orang kembali di gelar mengingat PPKM di Kabupaten Ngawi telah masuk pada level 1 (satu).

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ngawi gelar pertunjukan seni budaya salah satunya wayang orang kembali digelar pada akhir tahun ini baik melalui virtual maupun menghadirkan secara langsung penonton. “Jadi dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ngawi itu punya kegiatan yang namanya Gebyar Seni Budaya mulai tanggal 14-19 November 2021, intinya bahwa mengakomodir para seniman dan seniwati untuk bisa tampil baik itu seni tari, seni wayang dan seni yang lain. Termasuk yang semalam itu kan kolaborasi wayang orang dan ketoprak.” Kata Irwan Esti Cahyono Sekretaris Disparpora Kabupaten Ngawi saat ditemui Wartawan Tabloid Presisi Ind dikantornya. Selasa (16/11/2021).

Menurutnya pagelaran wayang orang merupakan seni budaya kearifan lokal dan salah satu program unggulan dari Disparpora Kabupaten Ngawi. “Semalam Pegelaran Budaya dilaksanakan di Desa Sekarputih Kecamatan Widodaren. Dalam rangka Pekan Budaya Kabupaten Ngawi, intinya bahwa selama panemi ini memang hampir 2 (dua) tahun tidak ada pagelaran.” Jelas Irwan.

Meskipun pagelaran seni budaya sudah mulai di gelar namun pihaknya tetap mengutamakan protokol kesehatan seperti dengan melakukan pembatasan jumlah pengunjung sesuai dengan kapasitas, mengatur jarak antar penoton serta durasi yang tidak dapat terlalu lama seperti sebelum pandemi. “Kemudian level Ngawi sudah turun sehingga kita melaksanakan pagelaran wayang tersebut dengan harapan bisa memberikan gairah pada seniman dan seniwati di Kabupaten Ngawi, akan tetapi tetap malaksanakan protokol kesehatan (Prokes).” Ujar Irwan.

Dengan digelarnya kembali pegelaran wayang orang di Kabupaten Ngawi setidaknya dapat mengobati rasa rindu masyarakat pada seni dan budaya. “Tema yang diusungpun terkait dengan penyuluhan tentang protokol kesehatan (Prokes) kemudian himbauan untuk Vaksinasi bagi yang belum, intinya itu.” Pungkasnya.

Wartawan: Abdul Ghofar

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*