Rab, 12 Jun 2024

Padi Organik Menjadi Unggulan Desa Sidorejo

TABLOID_PPRESSIND, NGAWI I Desa Sidorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi menjalankan program Pertanian Organik dengan semangat mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PRLB).

Sejak Tahun 2021 Desa Sidorejo menganggarkan Dana Desa untuk pelatihan Petani Organik melibatkan 30 petani, “awal program ini kami luncurkan sebanyak 21 Petani yang mengimplementasikan pelatihan,” beber Suprapto Kades Sidorejo. Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, pertanian organik ini bertujuan untuk mengembalikan struktur tanah, menjadi kesehatan masyarakat Desa Sidorejo khususnya dan Ngawi Umumnya.

Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi
Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi

“Proses sertifikasi saat ini mendapatkan¬† pendampingan dari LeSOS dan arahan dari Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur untuk mendapatkan sertifikat organik,” ujarnya.

“Setelah penerbitan sertifikat organik petani menjualnya ke BUMDES yg sudah ada kerja sama dengan BUMD Sumber Bakti, dan kedepan kami akan terus kerjasama dengan catatan harga yang bagus,”pungkasnya

Sampai saat ini melakukan penanam padi jenis ORSID Farming di lahan 2,3 Hektar dengan dana BK Propinsi Jawa Timur dan Proses penerbitan sertifikat Organik berjalan dengan didampingi oleh LeSOS.

Wartawan:Margono

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*