Ming, 16 Jun 2024

IKA-PMII Ngawi Kawal Aset Daerah Untuk Ekonomi Kerakyatan

TABLOID_PRESSIND,, NGAWI I Pengurus Cabang Ikatan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC IKA-PMII) Kabupaten Ngawi Gelar Silaturrahmi dan Dialog Publik bertema “Pemanfaatan Aset Daerah Untuk Ekonomi Kerakyatan” di Rumah Makan Maimun Ngawi. Sabtu (12/03/2022).

Ketua IKA-PMII Ngawi, Miftakhul Huda saat ditemui oleh wartawan Tabloid Presisi Indonesia, Agenda hari ini merupakan launcing kegiatan IKA-PMII pemberdayaan Ekomomi Kerakyatan.

“Diawali dengan dialog publik tentang aset pemda yang bisa di manfaatkan untuk ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya esat pemda yang banyak belum di gunakan maka masyarakat perlu ikut serta pengawal adanya pemanfaatannya.

“Banyaknya aset pemda yang blm tersentuh dan pemanfaatannya maka melalui anggota IKA-PMII nnti kedepan mampu membantu masyarakat untuk serta menggunakan aset pemda untuk ekonomi kerakyatan,”bebernya.

sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Ngawi, Tri Pujo Handoyo dalam penyampaian materi mengatakan, Kami sebagai OPD yang salah satunya mempunyai tugas untuk mengelola aset atau lebih pasnya barang milik daerah dalam pengelolaannya kami mengacu pada permendagri nomer 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.

“Dalam pengelolaan aset pemda menggunakan permendagri nomer 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah” katanya.

Ia meneruskan, dalam permendagri ada 5 prinsip pemanfaatan barang milik daerah yaitu: sewa, Pinjam Pakai, Kerja Sama Pemenfaatan (KSP), Bangun Guna Serah (BGS)/Bangun Serah Guna (BSG) dan Kerja Sama Penyedia Instruktur (KSPI).

“Dalam pemanfaatan barang milik daerah bisa menerima uang sewa, menerima kontribusi dan bagi hasil keuntungan, dan juga bisa tidak menerima uang sewa atau keuntungan dengan cara Pinjam Pakai” pungkasnya.

Dalam acara silaturrahmi dan dialog publik IKA-PMII Kabupaten Ngawi dengan Tema “Pemanfaatan Aset Daerah Untuk Ekonomi Kerakyatan” hadir Kepala BKD Kabupaten Ngawi, Tri Pujo Handoyo, Ketua IKAPMII Ngawi Miftakhul Huda, Anggota Bawaslu Kabupaten Ngawi, Imam munasir, Anggota KPU Kabupaten Ngawi, Jakiyem, anggota PC IKA-PMII Ngawi, dan juga Pengurus PC PMII Kabupaten Ngawi.

Wartawan: Abdul Ghofar

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*