Ming, 23 Jun 2024

Gropyokan Tikus Wujud Padat Karya Tunai Dana Desa 2021

TabloidPresisiInd_Ngawi I Mewabahnya hama tikus sawah yang menyebabkan terhambatnya hasil padi membuat petani Desa Soco, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi bersama Babinsa dan Unsur masyarakat lainnya melaksanakan kegiatan serentak gropyokan tikus di areal persawahan Desa Soco pada Rabu (13/01/2021).

Tikus sawah merupakan salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan petani. Meluasnya serangan hama tikus juga dapat disebabkan tidak adanya antisipasi berupa gerakan massal intensif pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum tanam.

Kepala Desa Soco Sumadi Mengatakan bahwa gropyokan tersebut harus dilakukan rutin dan berulang kali agar hama tikus bisa berkurang.

Pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan gropyokan tikus di Desa Soco. Kegiatan ini diharapkan dapat terus berjalan dan para petani dapat sukses meraup hasil panen padinya.

“Kami dari pihak Desa sangat mendukung kegiatan ini, harapannya petani nantinya dapat menikmati panen padi yang melimpah dibandingkan tahun yang lalu, Dengan sudah difasislitasi Bupati Ngawi, bahwa Desa harus menggunakan Dana Desa(DD), minimal Dua Puluh Lima juta rupiah, untuk gerakan pengandalian hama harus ditindak lanjuti paling tidak pada musim tanam, di seluruh kabupaten Ngawi, seperti hama tikus sudah dapat dikendalikan dan ditekan populasinya dengan cara gropyokan”, imbuhnya.(fm)

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*