Ming, 16 Jun 2024

Bersih Desa dan Ruwatan Desa Macanan Dengan Gelar Wayangan

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Semalam, pagelaran wayang kulit dipentaskan untuk memeriahkan tradisi Bersih Desa dan menyambut Kemerdekaan RI ke-78 di Desa Macanan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Lokasinya di Depan Rumah Kepala Desa, dengan Lakon Sri Mulih.

Wayang kulit semalam suntuk ini, diawali dengan penyerahan Tokoh Wayang Dewi Sri dari Kepala Desa (Kades) Macanan, Sujarwo, kepada Dalang Ki Cahyo Kuntadi . Ikut hadir Camat Jogorogo, Teguh Wahyudi, dan Kapolsek Jogorogo beserta Forkompimcam serta tokoh masyarakat.

Di Bulan Muharram 1445 H sekarang ini, menjadi malam gampang nonton wayang. Sebab, banyak desa di Kabupaten Ngawi, ramai-ramai mementaskan wayang kulit semalam suntuk, untuk memeriahkan tradisi Bersih Desa atau Bersih Dusun.

Kepala Desa Macanan, Sujarwo Saat ditemui mengatakan, Sebagaimana Bersih di Desa Macanan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, merupakan kegiatan rutin Warga Desa dengan dimeriahkan pentas wayang kulit dengan kegiatan semalam ini pemerintah Desa bisa ikut serta uri-uri budaya.

“Dalam rangka bersih Desa pagelaran wayang kulit sengaja kami hadirkan untuk ikut serta uri-uri budaya budaya masyarakat”ujarnya Rabu malam (02/8/2023).

Ditempat terpisah Camat Jogorogo, Teguh Wahyudi saat ditemui mengatakan, kegiatan sepeti ini harus terus diadakan dalam rangka menjaga tradisi masyarakat Desa, “ semoga ruwatan dan wayangan ini masyarakat Desa Macanan dapatkan berkah dan melimpah rizki dan sehat, selamat dunia dan akhirat”katanya.

Hujan Semalam tidak mengurangi antusias Warga Desa Macanan dan Sekitanya dalam mengikuti acara pagelaran Wayang semalam suntuk.

Wartawan: Abdul Ghofar

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*