Rab, 12 Jun 2024

Upaya Merawat Sosial Jadi Ajang Gelaran Jambore Karang Taruna Di Ngawi

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Karang Taruna Kabupaten Ngawi gelar Jambore Tahun 2023 bertema “Upaya Merawat Sosial” diikuti oleh Anggota Karang Taruna tingkat Desa.

Seperti diketahui, Dalam rangka Bulan Bhakti Karang Taruna Tahun 2023 berlangsung, diharapkan dapat membangkitkan semangat Karang Taruna sebagai wadah pemuda.

Pertemuan akbar Anggota Karang Taruna se-Kabupaten Ngawi, Camping, Proposal Bisnis, Pelatihan TAGANA (Taruna Siaga Bencana), Pelatihan Kewirausahaan (Pertanian, Perikanan, Digital), Hiburan dan Baksos. Event spektakuler tersebut mewarnai kegiatan Jambore yang digelar pada 22-24 September 2023 di Bumi Perkemahan Gendingan Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal.

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat/Daerah (DPRD) Kabupaten Ngawi Heru Kusnindar, Ini adalah sebuah embrio yang bagus, bagaimana sebenarnya ketika kita bicara Karang Taruna berarti kita bicara tentang pemuda.

“Jadi ada, lahir untuk mereka sehingga bagaimana digoll nya nanti ketika itu terus kita lakukan, tidak hanya hura-hura nya akan tetapi bagaimana nanti ada sebuah kegiatan kita diskusikan. Apa Sih yang harus diketahui oleh teman-teman karang taruna,” ujarnya saat ditemui di lokasi. Jum’at (22/9/23).

Heru menyampaikan, Pemerintah hadir disitu untuk mensupport, karena pemuda itu salah satu ujung tombak sebenarnya. Lalu kita kembangkan lebih jauh dan APBD harus hadir juga disitu, tidak hanya berteori.

“Ini begini lho untuk bisa berkembang seperti apa, tapi real kita support yang seperti itu,” bebernya.

Heru menjelaskan, Setelah ini kita lakukan, kegiatan ini outputnya nanti akan seperti apa maka harus menjadi sebuah spirit paling tidak untuk yang lain-lain.

“Kita coba, berikutnya harus dicontoh baik disektor pertanian, perkebunan, perikanan misalkan seperti itu. Dan kedepan tentunya pemuda ini harus betul-betul tanggap banyak sebuab inovasi yang harus dilakukan,” jelasnya.

Heru menambahkan, Mereka sebenarnya punya bakat kearah situ, tapi pintu untuk menuju kesana itu yang tidak mempunyai.

“Padahal ini menjadi sesuatu yang sangat penting, potensi ada, sumberdaya ada maka harus kita support dan kita lakukan. Tentunya pemuda harus semangat.” ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa (Kades) Sidorejo Danang Pamungkas mengatakan, Semoga acara Jambore Karang Taruna berjalan lancar, tidak ada halangan apapun, dengan adanya Jambore ini Karang Taruna bisa lebih maju khususnya Karang Taruna Desa.

“Kedepan semoga nasibnya karang taruna diperhatikan oleh pemerintah sebagai organisasi sosial dengan basis anggota pemuda hingga tingkat desa memiliki peran yang signifikan dalam mewarnai pembangunan,” ujarnya di lokasi.

Diakhir statementnya Danang berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat Karang Taruna sebagai wadah pemuda.

“Pemuda Karang Taruna harus bisa menjadi pelopor pembangunan di setiap unsur dan jenjang mana pun, pemuda yang menginspirasi, menciptakan perubahan positif sehingga membawa kemanfaatan bagi lingkungan.” pungkasnya.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*