Ming, 16 Jun 2024

Prioritas Pemdes Sekarjati Dalam Transparansi P-APBDes Tahun 2023

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Dalam rangka pelaporan transparansi Pemerintah Desa Sekarjati lakukan perincian detail, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meliputi. Pendapatan Asli Desa, Dana Desa, Bagian Dari Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten, Alokasi Dana Desa, Bantuan Keuangan Provinsi, Bantuan APBD Kabupaten, Pendapatan Lain-lain dan Silpa.

Kepala Desa Sekarjati Sugeng Purnomo mengatakan, Laporan transparansi tersebut merupakan mekanisme dalam kegiatan pelaksanaan penggunaan anggaran dan merupakan instrumen yang sangat penting. Dalam rangka perwujudan tata pemerintahan yang baik dalam pembangunan di tingkat Desa untuk mewujudkan pengelolaan dana desa yang transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin.

“Sesuai dengan Permendagri nomor 113 tahun 2014 dan berdasarkan ketentuan undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa beserta peraturan dan pelaksanaannya. Pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa) sebagai satu-satunya dokumen perencanaan di desa,” Ujarnya saat ditemui dirumahnya. Kamis (06/04/2023).

Mbah Sekarjati sapaan akrabnya menjelaskan, Setelah RKPDes sudah disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Untuk itu Desa Sekarjati mengadakan Musdes penetapan APBDes tahun 2023 yang dilaksanakan di Balai Desa Sekarjati.

Papan pengumuman penggunaan anggaran Desa Sekarjati tahun 2023

“Sebagai kepala desa harus bertanggung jawab dan wajib transparan kepada warga mengenai anggaran. Dengan Total Pendapatan Tahun 2023 Rp. 2.909.650.026.00 dan Total Belanja Rp. 2.976.907.790.49. Surplus / Devisit Rp. -67.257.764.49. Penerimaan Pembiayaan Rp. 67.257.764.49. Kita wajib untuk menyampaikan kepada masyarakat, secara transparan dan akuntabel sebagi bentuk tanggung jawab atas pengelolaan pemerintahan desa,”

“Desa Sekarjati dengan berbagai sumber pendapatan desa meliputi dari Dana Desa (DD), dari Anggaran Dana Desa (ADD) kemudian dari Bantuan Keuangan (BK) dan dari Bantuan Dinas / OPD yang dikerjakan melalui rekanan yaitu berupa bantuan Sumur untuk peningkatan pertanian mulai tahun 2023 ini Pemerintah Desa Sekarjati dari seluruh anggaran yang masuk memprioritaskan pembangunan,” Bebernya.

Ia menambahkan, Dibidang pembangunan jalan paving guna peningkatan sarana dan prasarana yang mana fisik akses menuju Lapangan ini nanti akan dibangun jalan masuk dan jalan keluar dan juga Jogging Track. Dimana disebelah Lapangan Sekarjati ini ada Gedung Padepokan PSHT untuk sarana Olah Raga.

“Selain daripada itu untuk peningkatan ketahanan pangan Pemdes Sekarjati juga membangun dari anggaran ketahanan pangan untuk jalan-jalan akses pertanian, dan mulai tahun 2023 ini Pemdes Sekarjati sudah mulai menyentuh kepada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mana Pemdes Sekarjati bekerjasama dengan salah satu perusahaan konveksi melakukan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di konveksi sebanyak kurang lebihnya 40 peserta pelatihan dalam kurun waktu pelatihan 3 bulan, dimana dalam pelatihan itu Pemdes menyiapkan kebutuhan misalkan Mesin dan semua hal yang dibutuhkan dalam pelatihan,”

“Pelatihan ini tidak mengarah kepada peserta 40 orang, akan tetapi menyasar seluruh masyarakat yang mau mengikuti pelatihan menjahit, setelah bisa menjahit orientasinya adalah masyarakat dirumah sudah bisa berpenghasilan. Harapan ke depan masyarakat Desa Sekarjati khususnya Ibu-ibu sebagai target utama pelatihan cukup dirumah bisa membantu mencari penghasilan untuk keluarga,”

“Untuk kegiatan Tahun 2023 ini Pemdes Sekarjati juga terjadwal sebagai pelaksana Lomba 10 Program PKK serta di akhir tahun juga melakukan Gelar Budaya. Maka dari itu untuk anggaran tahun ini optimalisasi penggunaan anggaran. Kedepannya semua kegiatan tersentuh dan masyarakat bisa merasakan penerapan anggaran yang sudah dilakukan dalam musyawarah penetapan APBDesa Perencanaan Desa Sekarjati.” Pungkasnya.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*