Rab, 12 Jun 2024

Prioritas Pemdes Gembol Dalam Transparasi APBDesa DD Tahap 1Tahun 2023 Selesai

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Dalam rangka pelapora transparansi Pemerintah Desa Gembol Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi lakukan perincian detail, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Meliputi Bantuan Langsung Tunai (BLT), Insetif Guru TK, PAUD dan TPA, Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Posyando Balita dan Mobil Siaga Kesehatan.

Kepala Desa Gembol Parwi mengatakan, Laporan transparansi tersebut merupakan mekanisme dalam kegiatan pelaksanaan penggunaan anggaran dan merupakan instrumen yang sangat penting.

“Dalam rangka perwujudan tata pemerintahan yang baik dalam pembangunan di tingkat Desa untuk mewujudkan pengelolaan dana desa yang transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin,” ujarnya saat ditemui dikantornya. Rabu (17/05/2023).

Mbah Gembol Parwi menambahkan, Setelah RKPDes sudah disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Untuk itu Desa Gembok mengadakan musdes penetapan APBDes tahun 2023 yang dilaksanakan di Balai Desa Gembol.

“Sebagai kepala desa harus bertanggung jawab dan wajib transparan kepada warga mengenai anggaran. Sesuai dengan Permendagri nomor 113 tahun 2014 dan berdasarkan ketentuan undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa beserta peraturan dan pelaksanaannya.” pungkasnya.

Sebagaimana Rincian Anggaran Dana Desa Tahap I Desa Gembol.
Prioritas Dana Desa Tahap I Desa Gembol Kecamatan Karanganyar meliputi ;

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Bulan Januari – Maret Rp. 34.200.000.
2. Insentif Guru TK, PAUD dan TPA Rp. 10.050.000.
3. Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Posyandu
Balita Rp. 12.054.000.
4. Mobil Siaga Kesehatan Rp. 231.600.000.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*