Ming, 23 Jun 2024

KBHI tetapkan Kurnia Ikhwan Sebagai Ketua Umum

Tabloid_PresInd, Malang I Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) mengangkat Kurniadi Ikhwan sebagai Ketua Umum periode 2021-2024. Kurniawan terpilih dalam Musyawaroh Nasional ke-2 yang dilaksanakan di tiga tempat Kantor Kementrian Pertanian, Batang dan Malang, Sabtu (5/06/2021).

Adi panggilan sehari-hari Kurniadi Ikhwan terpilih merupakan sekretaris umum pengurus periode pertama KBHI dan juga anggota Koperasi KBHI.

Pria kelahiran 21 February 1982 ini masuk bergabung di KBHI pada saat pelatihan Ekspor Hortikultura yang diadakan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian bersama KBHI di Yogjakarta tahun 2018.

Kurniawan Adi saat ditemui oleh wartawan Tabloid Presisi Indonesia mengatakan, KBHI ada karena kebutuhan pelaku pertanian dan pelaku bisnis pertanian khusus hortikultura yang ada Indonesia.

“Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia merupakan organisasi khusus yang membidangi pertanian hortikultura dengan anggota yang mempunyai usaha dari hulu sampai hilir baik pasar lokal maupun pasar ekspor” ujar Adi Ketua Umum terpilih.

Lebih lanjut Ia menerangkan, tantangan di dunia pertanian hortikultura ada didepan mata baik kualitas sampai kuantitas barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

“Sektor pertanian hortikultura mulai dilirik oleh petani milenial sehingga kita sebagai Lembaga akan melakukan percepatan-percepatan sehingga mampu menampung semua hal guna kemajuan petani dan pengusaha Hortukultura Indonesia”Bebernya.

Aminuddin Aziz, Penggagas KBHI menceritakan, lembaga non pemerintah yang sebagian besar anggotanya pelaku bisnis hortikultura dr seluruh Indnesia, bila dikelola dengan baik akan menjadi sebuah kekuatan besar dan memiliki daya tawar yang baik dalam memperjuangkan industri hortikultura yang lebih berdaya saing dan bermartabat. KBHI lebih lebih fleksibel, tidak dibatasi tupoksi yg sangat mengikat dan sangat strategis terutama dalam merajut apa yang dilakukan dan semestinya di lakukan semua pihak, baik pelaku bisnis maupun. Kementrian lembaga pemerintah dan non pemerintah untuk memperjuangkan tumbuh berkembangnya bisnis maupun industri hortikultura yg berdaya saing dan bermartabat.

“Alhamdulillah KBHI telah berusia hampir 5 tahun, telah berbadan hukum per 6 Maret 2018. Bahkan KBHI telah melahirkan lembaga bisnis berbentuk Koperasi BHI (April 2018) dan mulai berjalan. Tentu kita patut berterima kasih dan atas kiprah teman-teman KBHI, pengurus, maupun Ketum. KBHI telah menjadi sarana silaturahim antar person pelaku bisnis hortikultura, saling tukar informasi, sebagai sarana silaturahim dengan kementerian dan lembaga, walaupun masih perlu diorganisir dengan baik,”Katanya.

Lebihlanjut Ia mengatakan,KBHI mulai menarik perhatian sebagian kalangan hortikultura, baik pelaku bisnis, perguruan tinggi, kementrian (kementan, perdag, industri, kemenlu, kemenko ekuin, & lembaga kepresidenan, juga komisi IV DPR. Bahkan mulai dikenal para buyer dr beberapa negara.

“Tentu ada harapan besar bagi mereka, terutama anggota terhadap keberadaan dan perjuangan KBHI, sesuai kepentingan masing-masing, baik dlm memperlancar dan memperbesar bisnis hortikultura. Dari sisi pemerintah KBHI setidaknya mampu menjadi mitra kerja yg baik yang mampu sebagai inisiator, akselerator bagi tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat, terpenuhinya kebutuhan konsumsi masy maupun kebutuhan bahan baku industri, serta mampu mempercepat tumbuh dan berkembanya industri hortikultura yg akan. Menghemat dan menghasilkan devisa negara,” Pungkas Deklarator KBHI.(ag)

Waratawan: Abdul Ghofar

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*