Ming, 16 Jun 2024

BPBD Ngawi Gelar Apel Siaga Bencana 2021

Tabloid_PressInd, NGAWI I Acara apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka antisipasi menghadapi bencana alam tahun 2021 berlangsung di Taman Candi Ngawi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi diminta untuk memberikan bantuan personel, Ranmor R4, R6 dan peralatan bencana alam. “Arahan Ibu Gubernur Jawa Timur, kami berkoordinasi dengan seluruh pemangku kebijakan di Kabupaten Ngawi, Forpimda Kabupaten Ngawi untuk melakukan Gelar Pasukan terkait Apel antisipasi kebencanaan Badan Meteorologi tahun 2021.” kata Bupati Ony Anwar Harsono kepada Wartawan Tabloid Presisi Ind. Senin (25/10/2021).

Apel ini melihat kesiap siagaan seluruh personil, rekan-rekan dari TNI POLRI kemudian dari BPBD, Dinas Sosial kemudian para Relawan-relawan kemanusiaan Kabupaten Ngawi. “Acara ini lebih pada penekanan koordinasi dalam antisipasi bencana dan penanganan bencana hidrometeorologi di Kabupaten Ngawi yang sudah dipetakan secara kewilayahan.” jelas Ony.

BPBD Kabupaten Ngawi secara SDM peralatan inshaallah sudah siap. “Yang seterusnya bagaimana dengan koordinasi yang baik, penanganan dari kegiatan antisipasi bencana itu bisa dilakukan dengan baik pula sehingga apa yang menjadi kegiatan itu bisa di emplementasikan dengan baik dilapangan.” ujar Ony.

Ditempat yang sama Plt BPBD Kabupaten Ngawi Prila Yuda Putra mengatakan, “Terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan nanti, koordinasi awal kita sudah ada pemetaan secara kewilayahan terkena banjir dan bencana lainya.”bebernya.

“Kita rutin juga membina Desa Tanggap Bencana (Destana) yang difasilitasi BPBD dan Dinas Sosial terkait dapur umum sehingga setiap tahun kita semakin paham tingkat koordinasinya, inilah yang perlu kita ingatkan kembali kepada seluruh Personil dan masyarakat, sehingga dalam SOP nya ketika nanti urgent nanti dibangun POS atau bagaimana evakuasi dari korban.”Pungkasnya.

Pada acara apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka antisipasi menghadapi bencana alam, tampak hadir Bupati Ngawi Ony Anwar H didampingi Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya SIK MH. Danramil Ngawi Letkol Inf Totok Priyo Kismanto. Kejari Ngawi Budi Raharjo, S.H. M.H. Plt BPBD Ngawi Prila Yudha Putra, SH. MSI. Kepala Dinas Kesehatan Ngawi Dr Yudono, M.Mkes.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*