Ming, 16 Jun 2024

Bappelitbang Ngawi Pantau Perkembangan Mahasiswa KKN-PPK UGM Melalui Webinar

Tim KKN UGM bekerjasama dengan Badan perencanaan, Pembangunan, penelitian dan pengembangan Daerah ( Bappelitbang) Kabupaten Ngawi Ajak Warga Jaten, Ngawi Lawan Covid-19 Lewat Gerakan Tanam dan Manfaatkan Empon-empon. Selasa, (03/11/2020).

Ketua tim pengabdian UGM, Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. menyerahkan secara simbolis bantuan empon-empon kepada Sekretaris Desa Jaten, Teguh Setiawan dan disaksikan oleh Sarsam Wahyudi, anggota Kelompok Tani Citrun Jaya.

Sekretaris Desa Jaten, Teguh Setiawan saat diwawancara melalui Telpon mengatakan, potensi tanaman holtikultura sangat cocok di Desa jaten sesuai dengan hasil kajian Mahasiswa UGM yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) .

“Empon-empon ini sangat cocok dengan potensi yang ada di Desa Jaten. Mohon UGM dapat terus membimbing SDM masyarakat di sini. Terima kasih juga telah menyelenggarakan KKN di Desa Jaten. Walaupun secara online, namun tetap memberikan banyak manfaat,” jelas Teguh.

Ia menambahkan, Kegiatan pengabdian kali ini diawali dengan penerjunan mahasiswa KKN-PPM UGM antara bulan Juni dan Agustus 2020 secara online.

Lalu dilanjutkan dengan beberapa kegiatan fisik di lapangan oleh tim pengabdian UGM yang diketuai oleh Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. (Fakultas Kehutanan), bersama Nasih Yuwono, SP., MP. (Fakultas Pertanian), dan Ridla Arifriana (Sekolah Vokasi).

Salah satu anggota Kelompok Tani Citrun Jaya Sarsam Wahyudi saat diwawancara mengatakan, kami telah membersihkan kebun belakang rumahnya dan menanaminya dengan jahe merah di dua sisi bedengan dan bunga telang pada bagian tengah bedengan.

Suasana Ruang Bidang Litbang Bappelitbang Ngawi

Sarsam berencana menerapkan teknologi vertikultur pada bunga telang. Adapun serai wangi berada di tepi-tepi kebun. Dengan datangnya musim penghujan tentu mendukung upaya masyarakat Desa Jaten untuk terus memproduktifkan pekarangannya selama pandemi COVID-19 belum berakhir. Selain dapat dikonsumsi sendiri untuk meningkatkan imun tubuh, hasil panen empon-empon diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kasubdit KKN-PPM Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Dr. Ir. Ambar Kusumandari, MES. dan Kepala Bidang Litbang Bappelitbang Ngawi Sargian Januardy, SH., MM. mengapresiasi kegiatan pengabdian ini. Keduanya menyimak perkembangan kegiatan pengabdian melalui webinar via zoom.(adv_bappelitbang/fm/ag).

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*