Ming, 16 Jun 2024

Banser Ngawi Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Manajemen Logistik Relawan Ngawi

Tabloid_PressInd, NGAWI I Banser Tanggap Bencana (BAGANA) dan Banser Husada Satkorcab Ngawi menggelar pelatihan peningkatan kapasitas dan Manajemen Logistik di Bumi Perkemahan Gendingan Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, Kamis (23/12/2021).

Dalam pelatihan yang diikuti oleh 100 Anggota Bagana dan Basada Ngawi dan perwakilan SAR se-Ngawi, Ismadi, Kasatkorcab Banser Ngawi menggandeng pelatihan profesional dari SAR Sikatan dan Petugas Damkar Ngawi ini bertujuan untuk memberikan skill serta meningkatkan kapasitas anggota Bagana dalam kebencanaan yang lekat dengan masyarakat terlebih pemadaman kebakaran.

“Ketika terjadi sesuatu bencana di masyarakat, para anggota banser dengan keswadayaannya sudah siap membantu masyarakat,” katanya saat meninjau lokasi pelatihan.

Melalui pelatihan ini, Pihaknya melanjutkan, tak hanya siaga dalam hal kebencanaan kebakaran para banser juga diharapkan siap membantu masyarakat dalam hal bencana lainnya, baik bencana yang sifatnya alam, sosial maupun yang disebabkan oleh manusia.

Selain itu, Banser melalui berbagai lini unitnya selalu siap membantu masyarakat dengan meningkatkan kapasitas anggotanya, baik Banser Tanggap Bencana (Bagana), Banser Husada (Basada).

Sehingga harapannya, sewaktu-waktu terjadi musibah dilingkungan masyarakat para anggota banser yang lekat dan hidup diantara masyarakat telah siap siaga dengan bekal kemampuannya.

Peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Manajemen Logistik Relawan Ngawi saat praktek

“Dari unit Banser yang ada, selalu punya kepengurusan dan keanggotaan serta ruang-ruang kepelatihan untuk meningkatkan kapasitas anggotanya,” katanya.

Dalam pelatihan tersebut, Bagana Satkorcab Ngawi bekerjasama dengan BPBD Ngawi, SAR Sikatan dan Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi.

Pelatihan kali ini diikuti oleh Relawan Bencana se-Kabupaten mendapatkan materi teori maupun praktek mengenai pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Wartawan: Abdul Ghofar

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*