Ming, 23 Jun 2024

Pemerintah Desa Rejomulyo Uri-Uri Budaya dan Tradisi Leluhur

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Tradisi bersih Desa merupakan menjadi tradisi di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi pada hari Jumat Pahing yang dilaksanakan setiap tahun sekali untuk mengirim Doa para leluhur serta uri-uri budaya jawa yang sangat melekat pada masyarakat desa.

Kepala Desa Rejomulyo, Bakri saat ditemui oleh wartawan Tabloid Presisi Indonesia mengatakan, Bersih desa yang dilaksanakan tetap mematuhi protokal kesehatan juga di sediakan tempat cuci tangan serta hend sanitizer. Jumat (25/02/2022)

“Masyarakat Desa Rejomulyo dengan tertib mematuhi protolkol yang telah dianjurkan sebelumnya, dimasa pandemi codiv-19, masyarakat tetap melaksanakan bersih desa dengan hikmat.” bebernya.

Ia Meneruskan, kami bersama masyarakat Rejomulyo tetap melaksanakan kegiatan ini (nyadran) guna nguri-nguri budaya bangsa yang perlu kita jaga kelestariannya.

“Memang makam Jeplak yang berada di dusun Sumberan II (Karangrejo) kita peringati dengan mengadakan pagelaran wayang golek yang menjadi kesenangan Eyang Jeplak (SOTRUNO). Pernah dulu kami mengundang reog jadinya hujan ndak ada hentinya , ” imbuh mbah Bakri panggilan sehari-hari Kades Rejomulyo.

Plt Kasun Sumberan II, Hariyanto saat ditemu di tempat acara mengatakan “semoga dengan selalu ingat leluhur masyarakat Desa Rejomulyo dijauhkan penyakit dan hasil pertanian meningkat” pungkasnya.

Wartawan: Margono

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*