Ming, 16 Jun 2024

MUSEUM TEMBAKAU JEMBER: JENDELA EDUKASI DAN PENGEMBANGAN KOMODITAS TEMBAKAU INDONESIA

PRESSIND, JEMBER I Museum Tembakau Jember hadir sebagai oase pengetahuan dan edukasi bagi para pecinta tembakau dan masyarakat luas. Museum ini tidak hanya memamerkan koleksi bersejarah tentang tembakau, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung perkembangan komoditas tembakau di Indonesia.

Koleksi museum yang beragam, mulai dari peralatan tradisional pengolahan tembakau hingga hasil olahannya yang inovatif, memberikan gambaran menyeluruh tentang perjalanan panjang tembakau di Indonesia. Pengunjung dapat mempelajari sejarah, budidaya, pengolahan, dan berbagai aspek lain terkait tembakau.

Museum Tembakau Jember tak hanya menjadi tempat wisata edukasi, tetapi juga sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan di industri tembakau untuk bertukar informasi dan gagasan. Pihak museum secara aktif menyelenggarakan seminar, workshop, dan pelatihan bagi para petani tembakau, pengusaha, dan akademisi.

Salah satu program unggulan Museum Tembakau Jember adalah edukasi bagi para pengolah tembakau. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk tembakau melalui penerapan teknologi dan inovasi terbaru.

“Museum Tembakau Jember memiliki komitmen kuat untuk mendukung kemajuan industri tembakau di Indonesia,” ujar Sunito, pengelola Museum Tembakau Jember. Sabtu (27/04/2024)

Lebih lanjut Ia, mengatakan berbagai upaya edukasi yang dilakukan Museum Tembakau Jember telah membuahkan hasil. Museum ini telah menjadi rujukan bagi para pemangku kepentingan di industri tembakau untuk mempelajari informasi dan teknologi terbaru.

“Kami ingin museum ini menjadi pusat edukasi dan pengembangan tembakau yang berkelanjutan.” Pungkasnya.

Museum Tembakau Jember merupakan bukti nyata peran museum dalam mendukung kemajuan suatu sektor industri. Dengan edukasi dan inovasi, museum ini berkontribusi dalam memajukan komoditas tembakau dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Wartawan: Abdul Ghofar
image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*