Rab, 12 Jun 2024

Bupati Ngawi Dampingi Gubernur Jawa Timur Tinjau Inovasi Pertanian Di Desa Dempel

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kabiro Umum Setmilpres RI tinjau lapangan program pertanian modern yang Presisi dan berkelanjutan untuk Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional di Desa Dempel.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan, Alhamdulilah Kabupaten Ngawi menjadi salah satu contoh pertanian di Jawa Timur. Hari ini kita mendampingi Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Biro Umum Setmilpres Bapak Adang Ginanjar selaku ketua team verifikasi beserta team penilai satyalancana pembangunan, bidang pembangunan pertanian meninjau sekaligus berdialog dengan kelompok tani Nglencon Sari III, Dusun Nglencong, Desa Dempel, Kecamatan Geneng.

“Berdasarkan angka tetap produksi padi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Jawa Timur masih menjadi penyumbang terbesar dalam lumbung pangan Nasional,” Ujarnya saat ditemui di lokasi. Rabu (10/05/2023).

Bupati Ony menambahkan, Hal ini tak lepas dari ikhtiar para petani Kabupaten Ngawi yang senantiasa konsisten dengan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan sehingga produktifitas padi dan beras terbaik No. 1 Nasional.

“Mari bersama-sama kita dukung terobosan Pemprov Jawa Timur menuju pertanian yang Presisi sebagai upaya untuk mempertahankan swasembada beras dan sebagai lumbung pangan Nasional,” Tuturnya.

Ditempat yang sama Kabiro Umum Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) RI Adang Ginanjar mengatakan, Kami dari Team Verifikasi Setmilpres dan Kementrian Pertanian untuk memverifikasi daripada Provinsi Jawa Timur dimana Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaan dari Bapak Presiden berkaitan dengan Satyalencana Wira Karya dari Gubernur.

“Jadi hari ini kita cek baik secara fisik maupun nonfisik, fisiknya tadi kita lihat pertaniannya sejauh mana untuk mengembangkan petani-petani ini dalam mensejahterakan masyarakat itu sendiri untuk meningkatkan mutu daripada pertanian yang ada di kabupaten ngawi. Kemudian non fisiknya secara regulasinya, kebijakan-kebijakannya inovasi dan sebagainya,” Ujarnya.

Adang Ginanjar menambahkan, Itu adalah sampelnya saya sebetulnya di Jawa Timur banyak, cuman kita sample satu di Kabupaten Ngawi disitu sudah kita lihat memang peningkatan produksi beras di Ngawi ini cukup besar sehingga kesejahteraan masyarakat juga terlayani dengan baik.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan, Kenapa di Kabupaten Ngawi produktifitas padi itu tertinggi secara nasional.

“Yang pasti banyal hal yang sudah dilakukan antara Pemerintah Daerah dan Gapoktan. Kemudian Pak Bupati dan kami semuanya bersinergi, dan Ngawi menjadi top-referral bagi produktifitas padi secara nasional,” Tuturnya.

Gubernur Khofifah Indar menambahkan, Inovasi perlindungan tanaman Ngengat Airlines, juga No Setrum atau pembasmi hama tanpa listrik. Salah satu caranya yang digunakan petani setempat untuk membasmi hama adalah dengan memelihara burung hantu. Sehingga, hama seperti tikus dapat diminimalisir secara alami.

“Nanti bisa dibuat skema seperti apa karantina burung hantu atau apa yang panjenengan anggap efektif. Monggo koordinasi agar sesegera mungkin kita lakukan kesiapsiagaan itu untuk menjaga agar hama tikus dapat diberantas.” Pungkasnya.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*