Ming, 23 Jun 2024

Bakesbangpol Ngawi Gelar SWB Di Kantor Camat Karangjati

TABLOID_PRESSIND, NGAWI I Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ngawi gelar safari Wawasan Kebangsaan (WasBang) mengangkat tema Cipta Kondisi Berantas Kemiskinan Daerah (Ciko Berkemah) tahun 2023 berlangsung di Aula Kantor Camat Karangjati.

Seperti diketahui, bahwa Cipta Kondisi Berantas Kemiskinan Daerah (Ciko Berkemah) ini program Bakesbangpol untuk bersentuhan langsung kepada masyarakat yang dinilai cukup efektif.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ngawi Kusumahadi Widjajanto mengatakan, kegiatan kita untuk memelihara kondusifitas daerah, memelihara sinergitas Pemkab, TNI-POLRI, Stakeholder terkait dan Masyarakat melalui membumikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang didalamnya mencakup 4 pilar kebangsaan.

“4 pilar kebangsaan itu adalah: Pancasila, UUD RI 1945, Bhinekka Tunggal Ika, NKRI. Dengan berpedoman 4 pilar tersebut implementasinya antara lain hidup gotong royong, persatuan, guyub rukun, bangga dengan potensi sendiri” ujarnya saat ditemui dikantornya. Rabu (24/05/2023).

Mas Anto menambahkan, Dengan terlaksananya “Ciko Berkemah” yang jelas angka kemiskinan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) sudah turun. Itu berkat guyub rukun dan gotong royong kita semua.

“Kita masih berjuang juga untuk menurunkan angka kemiskinan, sementara semua perangkat daerah diperintah oleh bapak bupati untuk ikut berperan dalam menurunkan angka kemiskinan,” tuturnya.

Lanjut Mas Anto, Bakesbangpol tidak bisa menyerap anggaran proyek fisik, bantuan dan sebagainya tidak bisa, yang bisa adalah menumbuhkan rasa nasionalisme WasBang itu tadi, rasa nasionalisme itu suka dan bangga pada produk sendiri, bangga dengan potensi daerah sendiri, bangga akan produksi dalam negeri.

“Dengan demikian ekonomi lokal biar bisa tumbuh naik dan berkembang. Ini salah satu bela negara juga, kemudian mencintai tanah air itu tidak hanya bela negara dengan cara perang.” pungkasnya.

Wartawan: Fatkhul Muanam

image_pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*